“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”, setidaknya itulah yang sudah dipelihatkan Zainal Abidin, mahasiswa Semester V Program Pendidikan Sejarah Universitas Riau Kepulauan ini terpilih dari kampusnya  mewakili  Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) IKAHIMSI di  Padang Sumatra Barat  pada tanggal 21 – 24 Oktober 2011. Yang diwakili berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terkemuka se Indonesia . Menurut Zainal  , mahasiswa pendidikan  Sejarah Unrika ini, kami sangat beruntung mengikuti acara ini, setidaknya banyak pengalaman-penghalaman yang kami dapat dan akan kami kembangkan di kampus kami tuturnya.

Setelah kami konfirmasikan kepada Salah seorang  dosen  Pendidikan Sejarah FKIP Unrika membenarkan keikutsertaan mahasiswanya tersebut, menurut  Kaprodi Pendiikan Sejarah ini, menyatakan ‘ bahwa memang mahasiswanya telah mengikuti  Rakernas Ikahimsi  di Padang Sumatra Barat, ini adalah kali ketiga mahasiswa kita mengikuti kegiatan tersebut. kita sangat bersyukur,  atas keikutsertaan mahasiswa kita ini, Dusmar menambahkan setidaknya kegiatan ini akan menambahkan wawasan bagi  mahasiswa dalam bidang keilmuannya. Harapan kita selanjutnya  sudah selayaknya Rakernas Ikahimsi ini diadakan di Kepulauan Riau ini, mengingat Kepulauan Riau banyak memiiki objek atau peninggalan sejarah yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia tambahnya lagi.

 

IKAHIMSI ( Ikatan himpunan Mahasiswa Sejarah Se Indonesia ), wadah bagi para mahasiswa Sejarah di Indonesia,  dengan adanya kegiatan kita menyadari begitu pentingnya peranan Program Studi Pendidikan  dalam menumbuhkembangakan kesadaran  berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,

sejarah adalah  masa lampau  masa sekarang merupakan pedoman untuk masa yang akan datang.  Di kampus sendiri tandasnya lagi , kami  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitas dalam  menekuni bidangnya masing masing, khusus bagi mahasiswa sejarah kita sudah pernah mengunjungi dan meneliti  beberapa situs sejarah yang ada di Kepulauan Riau. Menurutnya lagi sesuatu hal  yang dibanggakan, ternyata peminat Jurusan sejarah ini di kampus kita banyak putra-putri  dari pulau-pulau terluar, kita sangat berterimah kasih kepada Pemerintah Kota batam yang telah banyak mengucurkan bantuan bea siswa untuk mahasiswa kita dari daerah hiterland ini, kelak kita berharap mudah mudahan tidak akan adalagi pulau – pulau kita lepas, karena kita melihat putra- putri terbaik kita di disini sangat memahami keberadaan sejarah kita dan kita juga sudah memberikan pengertian kepada para mereka bagaimana semestinya kita meyikapi sejarah kita imbuhnya.

Berdasarkan pantauan kami pada sore itu kami  beberapa mahsiswa sedang sibuk mempersiapkan kegiatan studi banding dan Kuliah Kerja Lapangan ke Medan . “ inilah  mas, kami rencana akan mengadakan studi banding ke Medan selanjutnya kami akan mengunjung Situs Candi Budhha di Muara Takus, Kampar , Riau, imbuh salah seorang mahasiswa yang tidak mau disebutkan namanya.