Batam, 22 Oktober 2011. Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa dan dosen Universitas Riau Kepulauan Batam yang juga merupakan bagian dari kompetensi lulusan yang merupakan syarat wajib untuk dapat menyelesai proses studi yang akan diberlakukan pada tahun 2015 yang akan datang, Universitas Riau Kepulauan mengadakan MoU dengan Lembaga  GES Review-Yale TESOL Institute yang bermarkas di Cambridge, United Kingdom untuk mengadakan test kompetensi TIEC (Test of International English Competency). Penandatangan MoU ini difasilitasi oleh Lembaga Bahasa (Language Centre) Universitas Riau Kepulauan bertempat di Gedung A UNRIKA Batam.

MoU tersebut diatandatangani oleh Wakil Rektor IV (bidang pengembangan dan kerjasama) Edwin Agung Wibowo, SE., M.Comm.,Buss didampingi Wakil Rektor I Ade P Nasution, SE.,M.Si, Wakil Rektor II Rahman Hasibuan, SE., M.Si Wakil Rektor III Dahrul Aman Harahap, S.Pt.,MM dan disaksikan oleh Dekan/Wakil Dekan Kepala Biro, dosen dan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam. Sementara dari GES Review diwakili oleh Miss Alice Margaret Flemming dengan didampingi oleh Bapak Dian Sukmawan dari Perwakilan GES Review Jakarta

 

Edwin Agung Wibowo dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama ini akan terus kita bina karena sudah merupakan suatu kebutuhan bagi universitas terutama untuk menghasil lulusan yang memilki kemampuan komunikasi yang baik terutama bahasa inggris, mengingat akan perkembangan kota batam dan juga berada pada posisi segitiga emas antara Malaysia, singapura yang tentunya persaingan akan semakin ketat. Untuk itu mahasiswa UNRIKA kedepannya harus mampu mensejajarkan dirinya dan atau memiliki nilai lebih dibandingkan dengan tamatan perguruan tinggi lain.

Dra. Netty Herawati, Direktur  Lembaga Bahasa (Language Centre) UNRIKA mengatakan bahwa ”MoU ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan bimbingan, keahlian dan tes kemampuan Bahasa Inggris bagi mahasiswa Universitas Riau Kepulauan meliputi tes bahasa inggris berstandar internasional, dan program ini diwajib bagi seluruh mahasiswa untuk angkatan tahun 2011/2012, dan juga sekaligus dijadikan sebagai syarat wisuda bagi mahasiswa dengan mengacu pada hasil tes TIEC nya.

”Kerjasama ini menjadi penting untuk memberikan bobot akademis dalam pelaksanaan tugas dan wewenang Lembaga Bahasa Universitas Riau Kepulauan melalui kerjasama dengan para pakar dan akademisi di lingkungan UNRIKA.

Pasca penandatangan MoU, selanjutnya Wakil Rektor IV UNRIKA bertukar cenderamata dengan perwakilan GES Review, setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan lembaga GES Review yang dipandu oleh Netty Herawati selaku Direktur Lembaga Bahasa Universitas Riau Kepulauan, sesi Tanya jawab ini disambut antusias oleh mahasiswa yang ingin menanyakan berbagai hal seputar GES dan TIEC.