Dahrul Aman Harahap

Dosen Tetap Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Kepulauan Batam

darulABSTRAK

DAHRUL AMAN HARAHAP. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa  pada Pokok Bahasan Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Penelitian yang dilakukan di SMP Hang Kasturi Batam dari bulan April sampai Bulan Juni Tahun 2014 bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan populasi seluruh siswa kelas VIII dimana sampel penelitian yaitu kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple random Sampling)

 

Data penelitian adalah hasil belajar Siswa kelas VIII yang mengikuti proses pembelajaran sistem dalam kehidupan tumbuhan. Adapun yang menjadi variabel bebas adalah (X) yaitu pemberian model Team Assisted Individualization dan varibel (Y) yaitu hasil belajar siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda yang dilaksanakan setelah keseluruhan proses pembelajaran berlangsung.

 

Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriftif dan teknik statistik inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk menyajikan data setiap kelompok perlakuan dengan uji t (t-test) pada taraf signifikansi ? = 0.05. maka di dapat thitung 3.299 > ttabel 2.002yang berarti hipotesis yang dikemukakan diterima yaitu model Team Asssted Individualization berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Hang Kasturi Batam pada pembelajaran struktur tumbuhan.

 

Kata kunci       : Model Team Assisted Individualization (TAI ) dan Hasil Belajar

 

 

BAB I. PENDAHULUAN

  1. 1.      Latar Belakang Masalah

Berdasarkan observasi penulis hasil belajar biologi siswa masih rendah. Nilai rata-rata siswa masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. KKM untuk mata pelajaran biologi adalah 65.

Tabel 1.  Nilai rata-rata siswa semester ganjil kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam tahun ajaran 2011/2012

 

 

 

NoKelasJumlah SiswaNilai rata-rata UAS Biologi
1VIII A33 Siswa60,36
2VIII B30 Siswa64,2
3VIII C30 Siswa59,60

Sumber : Guru Biologi Kelas VIII SMP Hang Kasturi Batam

 

Model pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan. Dalam model ini, diterapkan bimbingan antar teman yaitu siswa yang pandai bertanggung jawab terhadap siswa yang lemah. TAI (Team Assisted Individualization) dapat diterjemahkan sebagai jenis pembelajaran dengan Bantuan Individual Dalam Kelompok (Bidak).

Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal dalam penyampain materi sistem dalam kehidupan tumbuhan dibutuhkan suatu model pembelajaran yang akan menunjang pencapaian hasil belajar yang kita inginkan. Maka dari itu dalam pembelajaran ini dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)  untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Metode ini sangat efektif bila diaplikasikan dengan kondisi siswa yang memiliki masalah dalam penilaian yang jauh dari standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah.

Dengan ini penulis melakukan penelitian terhadap “Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem dalam kehidupan tumbuhan  kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam Tahun Ajaran 2012/2013”.

  1. 2.      Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :

Hasil belajar biologi masih rendah.

Stategi yang digunakan guru biologi belum bervariasi

Kurangnya upaya guru terhadap inovasi pada model pembelajaran

  1. 3.      Batasan Masalah

Adapun batasan dalam penelitian ini adalah, sebagai berikut :

“Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) atau dibandingkan dengan kelas konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Struktur Tumbuhan  kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam Tahun Pelajaran 2013/2014”

  1. 4.      Rumusan Masalah

Berdasarkan dari latar belakang dan batasan masalah diatas,maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah berpengaruh pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam”

  1. 5.      Tujuan Penelitian

Berdasarkan dari rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini  adalah “untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam”

 

 

 

BAB II METODE PENELITIAN

  1. 6.      Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian ini di laksanakan di SMP Hang Kasturi Batam bertempat di Tanjung Uma RT 04 RW 01 Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014, waktu penelitian dilaksankan mulai bulan April – Juni 2014.

  1. 7.      Metode dan Rancangan Penelitian

Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Perlakuan yang penulis berikan pada kelas eksperimen adalah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Rancanagan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design yang terlihat pada tabel 3 dibawah ini.

Tabel 2.  : Randomized Control Group Posttest Only Design

KelasPerlakuanTest
EksperimenT
KontrolT

Keterangan :

X: penerapan model pembelajaran dengan menggunakan tipe Team Assisted        Individualization (TAI )

Y: Hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem dalam kehidupan tumbuhan

T : tes yang diberikan diakhir pokok bahasan (posttest)

 

  1. 8.      Populasi dan Sampel

Riduwan (2011) mengatakan bahwa populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

Tabel 3. Populasi penelitian siswa kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam tahun Pelajaran 2012/2013.

NoKelasJumlah siswa
1VIII A33
2VIII B30
3VIII C30

(sumber : Guru Biologi Kelas VIII SMP Hang Kasturi Batam)

Sampel penelitian adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi. Sampel dalam penelitian ini  akan diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan) dalam anggota populasi tersebut dan didapat kelas VIII B sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol.