PEDOMAN PERATURAN AKADEMIK

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN  TAHUN 2012 – 2014

Tim Penyusun :

Fitri Yanti S.Pd, M.Si. (NIDN: 102487902) – Ketua Tim

Drs. Notowinarto, M.Si. (NIDN: 1013106002) – Sekretaris

Agam A. Syaukani, SP, M.Pd. (NIDN: 1004087101) – Anggota

Tuti Siadari, S.Pd. (NIDN: 1004076803) – Anggota

Suswanto I. Megah S., S.Pd, M.Lin. (NIDN: 102487902) – Anggota

Drs. Dusmar (NIDN: 102487902) – Anggota

Boy Aryus Dendrie, S.Psi. (NIDN: 1012057903) – Anggota

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN (UNRIKA)

BATAM -APRIL 2012

 

KATA PENGANTAR

 

Pedoman Peraturan Akademik  adalah suatu pokok-pokok aturan yang digunakan untuk menata proses pengembangan kependidikan dan kepengajaran, berdasarkan rangkuman ketentuan aturan yang berlaku maupun kesepakatan agar menjadi pegangan atau panduan semua pihak, dalam melaksanakan semua kegiatan civitas akademis baik itu proses belajar dan pembelajaran, administrasi, keakademikan, ataupun kegiatan kemahasiswaan.

Pedoman Peraturan Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini disiapkan untuk dipergunakan sebagai pegangan aturan dalam melaksanakan kegiatan dengan tertib dan lancar sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang diharapkan sebagai awal dari keseluruhan daur penjaminan mutu/akreditasi, terutama  di lingkup civitas FKIP maupun para pengampu mata kuliah di setiap program studi dalam mempersiapkan, melaksanakan, menyusun laporan, dan memanfaatkannya sebagai evaluasi-diri secara baik.

Keseluruhan Pedoman ini berisi penjelasan terkait berbagai peraturan akademik dan pelaksanaannya yang meliputi hal-hal berikut:

 

BAB I      :    VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DAN PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FKIP

BAB II    :    PENERIMAAN MAHASISWA BARU

BAB III   :   BIDANG PELAYANAN ADMINISTRASI

BAB IV   :   BIDANG AKADEMIK

BAB V    :    BIDANG KURIKULUM

BAB VI   :   ORGANISASI FKIP

 

Semoga Pedoman ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan, sebagai cermin pengakuan terhadap kinerja  pelaksanaan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkan serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses, dan keluaran serta pertanggung jawaban fakultas dan/atau program studi. Diharapkan perangkat pedoman ini akan bermanfaat bagi upaya peningkatan mutu program studi di lingkup civitas FKIP UNRIKA.

 

 

Batam, 21 April 2012

Tim Penyusun

 

DAFTAR ISI

 

Hal.
Halaman Depan ………………………………………………………………………………………
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………….ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………………..iii
DAFTAR TABEL ……………………………………………………………………………………………iv
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………………………………………v
PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………………………1
Bab IVISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN DAN PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FKIP …… 2
1.1Program Studi Pendidikan Biologi …………………………………………..3
1.2Program Studi Pendidikan Sejarah   …………………………………………4
1.3Program Studi Pendidikan Matematika  ……………………………………4
1.4Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  ……………………………….5
1.5Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling  ……………….6
Bab IIPENERIMAAN MAHASISWA BARU ……………………………………………..7
2.1Tata Cara ………………………………………………………………………………7
2.2Registrasi Mahasiswa Baru  …………………………………………………….7
2.3Penerimaan Mahasiswa Pindahan …………………………………………….8
2.4Pembinaan Aktivitas Kemahasiswaan   …………………………………….11
Bab IIIBIDANG PELAYANAN ADMISTRASI …………………………………………..17
3.1Ketentuan Umum …………………………………………………………………..17
3.2Layanan Teknis Administrasi ………………………………………………….17
3.3Layanan Teknis Administrasi  Akademik  ………………………………..17
3.4Layanan Administrasi  Keuangan  ……………………………………………18
3.3Layanan Lain-lain  …………………………………………………………………18
Bab IVBIDANG AKADEMIK ……………………………………………………………………19
4.1Ketentuan Umum  ………………………………………………………………….19
4.2Rencana Perkuliah  ………………………………………………………………..19
4.3Pelaksanaan Ujian  …………………………………………………………………22
4.4Evaluasi Akhir Studi  ……………………………………………………………..24
4.5Cuti  ……………………………………………………………………………………..26
4.6Kegiatan Kemahasiswaan  ………………………………………………………27
4.7Lain lain (Mahasiswa Drop Out ……………………………………………….27
Bab VBIDANG KURIKULUM …………………………………………………………………29
5.1Sejarah Perkembangan Kurikulum Periode Tahun 2005 sampai Tahun 2011 …………………………………………………………………………..29
5.2Kurikulum Periode Tahun 2012  ……………………………………………..30
5.3Kurikulum dan Struktur Mata Kuliah Program Studi  ………………..35
Bab VIORGANISASI FKIP ………………………………………………………………………..69
6.1Pimpinan Fakultas, Program Studi dan BAAK  …………………………69
6.2Daftar Pengajar / Pengampu Mata Kuliah  ………………………………..69
Bab VIIPENUTUP  ……………………………………………………………………………………..79
LAMPIRAN ……………………………………………………………………………………………………


DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK

 

Hal
Gambar 3.1.Kerangka Alur Pemikiran ……………………………………………29
Grafik 4.1.Frekwensi Kegiatan Pengiriman Ekspor Ikan Periode Bulan Januari s.d. Desember 2010 ……………………………….. 

34

Grafik 4.2.Volume Total Pengiriman Ekspor Ikan Periode Bulan Januari s.d. Desember 2010 ………………………………………… 

34

Grafik 4.3.Volume Kondisi Ragam Ikan Ekspor (Kg.Log10) Periode Bulan Januari s.d. Desember 2010 ……………………………….. 

35

Grafik 4.4.Nilai Penjualan dan Volume Ragam Jenis Ikan Ekspor Setiap Bulan selama Periode Januari s.d. Desember 2010 . 

37

Grafik 4.5.Fluktuasi Harga Ikan Setiap Bulan selama Periode Januari s.d. Desember 2010 ……………………………………………………. 

37

Grafik 4.6.Analisis Korelasi Antara Volume Ekspor Ikan Hidup Dengan Nilai Penjualan ……………………………………………… 

39

Grafik 4.7.Analisis Korelasi Antara Volume Ekspor Ikan Segar/Beku Dengan Nilai Penjualan ……………………………………………… 

39

Grafik 4.8.Analisis Korelasi Antara Volume Ekspor Ikan Kering Dengan N