SeminarNasional tentang Bimbingan dan Konseling bertema “Optimalisasi Bimbingan dan Konseling di sekolah” yang digelar di aula Universitas Riau Kepulauan (Unrika) berlangsung sukses dengan dihadiri 134 sekolah menengah se-Kota Batam.

Sarwiyanto, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Unrika kepada Tabloid Kampus Think mengatakan agenda yang menghadirkan Prof. Prayitno, yang juga Guru Besar di Universitas Negeri Padang dan Drs Gito Setyohutomo, M.Pd. Kons itu menitik beratkan pada peran guru dan konselor yang senantiasa kemampuannya dapat teraplikasi secara proffesional.

“Menjadi guru dan konselor itu harus berwawasan luas dan memiliki jiwa mendidik sesuai bidang ilmunya. Untuk itu, kemampuan guru dan konselor harus terus diasah agar menjadi tenaga pendidik yang proffesional, itu yang menjadi fokus agenda ini,” ujar Sarwiyanto.

Sebelum pelaksanaan acara Kuliah Umum pada malam harinya, terlebih dahulu Prof. Prayitno dan Drs. Gito Setyohutoma disambut oleh Pembantu Rektor III Darul Aman Harahap, S.Pt, M.Si dan selanjut diajak jalan-jalan mengelilingi Kampus dan ruangan dekan dan kaprodi FKIP Unrika.

Dalam sambutan Wakil Gubernur Kepri yang diwakili oleh Kadisdik Kepri Drs H YATIM Mustafa, M.Pd yang juga sebagai pembicara sangat menyambut baik karena Di selenggarakannya acara ini yang sangat luar biasa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Provinsi Kepri.

Selain itu tampil sebagai pembicara, dari DPD RI Drs H Hardi S Hood, M.Si dan Drs Gafarudin Ibrahim, M.Si dari DPRD Kepri. Sebelumnya juga diadakan Kuliah Umum bagi seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) Unrika Batam dengan mengusung tema “ Saatnya Mendidik dengan Hati “Seminar Nasional ini menjadi momen penting bagi dunia pendidikan kota Batam dan Kepri, yang saat ini tengah mendapat sorotan tajam dari masyarakat luas.

mengatakan bahwa pelaksanaan Seminar Nasional mengobati kerinduan yang mendalam yang dirasakan oleh para pendidik dan konselor yang ada di Batam dan Kepulauan Riau.Dalam kuliah umum itu, Profesor Prayitno mengupas tuntas bagaimana seorang guru dan konselor dapat menjalankan tugasnya dengan profesional dan mereka mampu mendidik dengan hati yang tulus karena sebuah panggilan jiwa. Senada dengan itu, Suharmanto, sekretaris Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling bersama ketua panitia seminar nasional, Nurul

Kehadiran Prof. Prayitno sangat dinantikan oleh kalangan pendidik kota Batam yang mengharapkan masukan-masukan dalam mengatasi begitu banyaknya persoalan yang dihadapi oleh dunia pendidikan di kota ini.

Pelaksanaan Kuliah Umum dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2012 pukul 19.00-21.00, di ikuti oleh 913 mahasiswa FKIP UNRIKA dan guru BK se Kota Batam. Seminar Nasional dihelat pada tanggal 10 Maret 2012 pukul 08.00-17.00, di ikuti oleh 192 Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan dan guru BK. Seminar ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perguruan tinggi diluar Propinsi Kepri dan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang ada di Universita Riau Kepulauan ( UNRIKA ) Batam.

Para peserta juga berharap agar acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan secara regular sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap pendidikan di kota Batam dan Kepulauan Riau

Sumber : Tabloid Think http://tabloidthink.com/?p=57