Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa FKIP-UNRIKA semester ganjil 2016-2017, telah berakhir. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib di FKIP-UNRIKA. Dimana mahasiswa diturunkan langsung ke sekolah. Mata kuliah ini di rancang untuk melatih mahasiswa sebagai calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah menyelasaikan pendidikannya mereka siap untuk secara mandiri mengemban tugas sebagai guru.

Secara umum tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan PPL FKIP-UNRIKA ini  adalah terbentuknya pribadi calon pendidik yang memiliki kompetensi yang meliputi pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang cakap dan tepat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. Sedangkan secara khusus tujuan PPL adalah sebagai berikut:

  1. Mengenal  secara  cermat  lingkungan  fisik,  administratif,  akademik  dan lingkungan sosial sekolah.
  2. Menerapkan berbagai kemampuan potensial keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
  3. Mampu mengembangkan aspek pribadi dan sosial di lingkungan sekolah.
  4. Menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalamanya selama pelatihan melalui refleksi dan menuangkan hasilnya dalam pembuatan laporan.
  5. Mampu mengembangkan metode mengajar yang tepat sesuai dengan materi ajar.

Selanjutnya PPL juga merupakan wadah bagi mahasiswa yang untuk menimba ilmu dan pengalaman kepada kepala sekolah dan guru pamong di sekolah mitra PPL. Sehingga mahasiswa dapat mengaplikasan kemampuannya akademik dan kemampuan mengajar, kedalam program latihan, berupa kinerja, dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan guru, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya yang di wujudkan dalam bentuk praktek mengajar, pelatihan terbimbing dan pelatihan mandiri yang di arahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis.

Dalam pelaksanannya program ini dilakukan selama satu semester penuh (6 bulan). Yang di tempatkan di 99 sekolah (SMP, dan SMA/SMK) di seluruh Kota Batam. Waktu 6 bulan dimaksudkan agar, mahasiswa PPL dapat menjalankan peran guru seutuhnya selama satu semester. Pada periode ini program PPL FKIP-UNRIKA ini diikuti oleh 328 orang mahasiswa-mahasiswi FKIP-UNRIKA yang terdiri atas 5 program studi yaitu :

  1. Program Studi Pendidikan Biologi 46 orang mahasiswa
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris 102 Mahasiswa
  3. Program Studi Pendidikan Sejarah 45 orang mahasiswa
  4. Program Studi Pendidikan Matematika 92 orang mahasiswa
  5. Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling 43 orang mahasiswa.

Acara penjemputan dan serah terima mahasiswa dari sekolah mitra PPL ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP-UNRIKA) dilaksanakan di Aula Universitas Riau Kepulauan dalam bentuk seremonial dan ramah tamah dengan mengundang seluruh kepala sekolah (99 sekolah mitra PPL) dan semua guru pamong (299 guru).  Tujuan dari kegiatan ini selain ramah tamah dan mempererat silaturrahmi antara FKIP-UNRIKA dengan sekolah-2, sekaligus dijadikan sebagai momen untuk melakukan evaluasi dari program PPL yang telah berjalan.

Evaluasi program PPL pada kegiatan ini dilakukan dengan menyebar kuesioner yang dibagikan kepada seluruh kepala sekolah dan guru pamong yang hadir serta melakukan dialog dengan meminta masukan, kritikan dan saran dari undangan (Kepala Sekolah dan Guru pamong).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, yang diwqakili oleh Bpk. Suradi, MT Pengawas Disdik Kota Batam, Rektor Universitas Riau Kepulauan Prof.Dr. H. Nasruddin Harahap, SU,  Wakil Rektor III Universitas Riau Kepulauan Bpk. Rahman Hasibuan, M.Si, Dekan FKIP-UNRIKA Bpk. Dahrul Aman Harahap, SPt,M.M,.M.Pd, Wakil Dekap FKIP-UNRIKA Bpk. Yarsi Efendi, S.Si,.M.Pd, seluruh dosenFKIP-UNRIKA dan Mahasiwa PPL periode semester Ganjil 2016-2017.

 

screenshot_8

 

Dalam sambutannya Rektor Universitas Riau Kepulauan, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kep[ala sekolah dan guru pamong yang telah bersedia menerima, membimbing dan membina mahasiswa PPL FKIP-UNRIKA selama 1 semester. Dan berharap  kerjasama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang.